Sejarah

 Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang adalah Perguruan Tinggi pertama yang didirikan di Tangerang, SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0388/C/1986 merupakan pelopor pendidikan tinggi untuk daerah ini. Adapun nama Syekh Yusuf yang diabadikan menjadi nama Universitas, secara singkat riwayat sebagai berikut:

Syekh Yusuf adalah seorang ulama, sekaligus seorang pejuang dan pahlawan nasional. Lahir tanggal 3 Juli 1626 di Lakiung Makasar. Bapaknya bernama Sultan Alaudin Raja Gowa ke 14 (1593-1693). Sedang ibunya bernama Siti Aminah, Puteri seorang Lurah. Pada usia 18 tahun Syekh Yusuf meninggalkan kerajaan Gowa menuju Banten. Setelah menetap di Banten selama 5 Tahun, Dia pergi ke negeri Yaman untuk menuntut Ilmu Tarekat kepada Syekh-Abi Abdullah. Sebagai seorang pemuda yang haus ilmu, Syekh Yusuf kemudian melanjutkan studinya dibeberapa kota di negeri Arab, kurang lebih selama 15 Tahun. Selama dalam perantauan tersebut nama Syekh Yusuf terkenal sebagai ulama yang sangat bijak.

Situasi Tangerang pada tahun 1966 demikian bergolak dengan dengan adanya pemberontakan G 30S/PKI. Pada waktu itu, kekuatan sosial yang ada di Tangerang khususnya yang mereka yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa dan Pemuda Pelajar yang dikoordinir oleh Himpunan Warga Mahasiswa Tangerang (HIWAMATA) bersama-sama kekuatan ABRI dan masyarakat yang ada di Tangerang bersama-sama bahu membahu membantu menumpas sisa-sisa pemberontakan tersebut sehingga situasi Tangerang tetap aman dan kondusif.  Dalam kondisi semacam itu, para pemuda Tangerang yang akan melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi mengalami kesulitan karena harus pergi ke kota besar di luar Tangerang yang tentu saja memerlukan biaya besar.

Dengan latar belakang tersebut dan didorong dengan semangat patriotik, para pemuda yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa (KAMI) tergugah dan akhirnya berupaya mencoba menggoreskan pena untuk mengukir sejarah baru bagi kabupaten Tangerang, yaitu dengan merintis berdirinya sebuah perguruan tinggi yang pertama dalam sejarah Tangerang.

Gagasan berdirinya perguruan tinggi di Tangerang dicetuskan dan diprakarsai oleh mahasiswa yang kuliah di Jakarta ialah : Muh. Astary, M. Thamrin HR dan M.Sanny Iskandar.  Ketiga orang inilah yang disebut sebagai Para Pendiri Universitas Islam Syekh – Yusuf Tangerang (UNIS Tangerang).

1.         Menyelenggarakan pendidikan akademik secara profesional untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, yang dapat beradaptasi serta mampu menghadapi tantangan dan perubahan masa depan.

2.         Melaksanakan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Industri melalui penelitian guna menghasilkan penemuan baru yang dapat disumbangkan kepada masyarakat untuk kesejahteraan umat manusia.

3.         Mengembangkan tanggung jawab sosial universitas dengan keahlian dan menawarkan program yang relevan kepada masyarakat luas melalui layanan yang terfokus, efektif dan berkualitas tinggi.

4.         Menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan akhlak serta menggalang kesatuan dan persatuan dalam masyarakat majemuk. 

5.         Mengandalkan keahlian yang berwawasan lingkungan serta membina dan mengembangkan kemitraan institusional dalam bidang perguruan tinggi baik nasional maupun internasional. 

Fakultas Ekonomi berdiri tanggal 5 Agustus 1995 dengan no SK 04 Tahun 1995 dengan program studi Ekonomi dan Pembangunan, didasarkan atas perkembangan Kota Tangerang sebagai Kota Industri dan bisnis yang ditandai dengan meningkatnya kecenderungan masyarakat untuk mengembangkan ketrampilan professional di bidang ekonomi. Atas kebutuhan yang mendesak inilah maka dibutuhkannya keberadaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Syekh Yusuf. Kemudian perubahan jurusan Ekonomi Pembangunan menjadi Manajemen dengn SK Rektor No 08 Tahun 1996. Fakultas Ekonomi terdiri dari dua Program Studi yaitu Manajemen dan Akuntansi. Adapun Program studi Akuntansi berdiri dengan SK No.1702/D/T/2009. Bahwa untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan dalam upaya memenuhi tuntutan kebutuhan akan tenaga profesionalan khususnya dibidang ekonomi dan bisnis, maka untuk menjawab tantangan tersebut penamaan Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Tahun 2018. 

 

Open chat
Assalamualaikum, Salam FEB UNIS
Hay Kawan
ada yang bisa kami bantu