UNIS Tangerang Menjadi Tuan Rumah Acara Seminar Nasional Akuntansi

seminar1

UNIS Tangerang Menjadi Tuan Rumah Acara

Seminar Nasional Akuntansi

Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik yang dikenal (IAI-KAPd) Wilayah Banten dibawah kepemimpinan Roza Mulyadi. kembali menuai kesuksesan dalam acara seminarnya.

Seminar nasional akuntansi kali ini bertema “Akuntan: Antara Pendidikan dan Sertifikasi Kompetensi” yang diselengarakan di Auditorium lt.6 UNIS Tangerang, Sabtu (05/05).

Dalam Sambutannya Rektor UNIS Tangerang menjelaskan bahwa Sertifikasi Akuntansi memiliki peranan penting bagi Akuntan.selain itu beliau berpesan kepada IAI KAPd Banten agar selalu mengadakan kegiatan – kegiatan ilmiah seperti seminar ini.

Dan kali ini seminar bergengsi itu hadir di Universitas Islam pertama di Banten. Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, karena bisa menjadi tuan rumah pada acara seminar dalam rangka memajukan Pendidikan Akuntasi khususnya di Wilayah Banten.

Acara Seminar Akuntansi ini berlangsung sangat meriah karena menghadirkan Narasumber yang berkompeten dalam bidang Akuntan. Yaitu Sekar Mayangsari , Zainal Fanani dan Triyanto dengan tiga Host yaitu Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang ( UNIS ), Universitas  Buddhi Dharma ( UBD ) dan Universitas Muhammadiyah Tangerang ( UMT ).

Menurut informasi yang kami terima, seminar kali ini dihadiri oleh sekitar 650 peserta yang terdiri dari mahasiswa, akademisi, dan praktisi yang berasal dari Banten dan luar  Banten.

Dalam kesempatannya sebagai pembicara seminar hari ini Triyanto yang mewakili kementerian keuangan menyampaikan bahwa saat ini kementerian keuangan membuat peraturan tentang Register negara akuntan dengan syarat 1. Lulus uji sertifikasi, 2. Anggota IAI, IAPI, IAMI, 3. Berpengalaman praktik tiga tahun dibidang akuntansi, 4. Memiliki NPWP. Peraturan ini dibuat untuk mendorong peningkatan kualitas maupun kuantitas akuntan keuangan kedepannya.

Sama hal nya dengan Triyanto, Zaenal Fani selaku wakil ketua IAI KAPd membenarkan peraturan tersebut, bahwa untuk mendapatkan gelar Register negara akuntan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan ( PMK ) No. 216 Tahun 2017 yang berisi organisasi profesi yang boleh mengeluarkan sertifikasi profesi akuntan adalah Ikatan Akuntan Indonesia ( IAI ) dengan Ujian Certified Profesional Management Accountant, ini membuktikan Register Negara Kuntan tidak lagi diperoleh hanya melalui Jalur Ujian Chartered Accountant dari Ikatan Akuntan Indonesia seperti yang diamanatkan Peraturan Menteri Keuangan ( PMK ) No. 25 Tahun 2014.

“Menurut saya Seminar Nasional oleh IAI KAPd Banten yg bertema “Akuntan : Antara Pendidik dan Sertifikasi Kompetensi” yang di adakan di Auditorium UNIS Tangerang pada Sabtu, 5/5/2018, sangat bermanfaat bagi saya dan tentunya bagi para peserta yang telah menghadiri seminar tersebut. Dengan diadakannya seminar seperti ini dapat menambah wawasan tentang bagaimana cara memperoleh sertifikasi profesi akuntan, hal ini juga memotivasi saya untuk menjadi seorang akuntan yang profesional (akuntan yang bersertifikat) kedepanya, dengan cara mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk mewujudkan sertifikasi itu. Dan saya harap IAI KAPd Banten khususnya, agar mengadakan kegiatan seminar maupun kegiatan ilmiah lainya lagi untuk meningkatkan pengetahuan dan menjadi bekal bagi seseorang yang ingin mengikuti ujian sertifikasi profesi dalam bidang akuntansi, guna mendorong peningkatan kualitas maupun kuantitas akuntan.” Ujar Mila Siti Anisa, Mahasiswa UNIS Tangerang.

Sumber : sigmainteraktif.com

Blog Attachment

Related Blogs

Leave us a Comment